Sumber Polusi Air

Sumber Polusi Air


Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/smkpgri/public_html/www/jurnalis/wp-content/themes/arjuna/functions.php on line 147
HomeBerita FotoHeadline
  Sabtu, 26 Mei 2012 15:08 WIB   Comments
Sumber Polusi Air

Sumber polusi air dikategorikan menjadi 2 kelompok yaitu dari titik sumber (point sources) dan bukan titik sumber (non-point sources). Untuk polusi yang berasal dari titik sumber maksudnya berasal dari hasil samping kegiatan fasilitas industry dan yang berkaitan dengan instalasi pengolahan air limbah. Sedangkan polusi yang berasal dari bukan titik sumber yaitu berasal dari alam seperti erosi atau lahan gambut. Luasnya area polusi tergantung dari jenis polutan yang dihasilkan dari saluran pembuangan.

Dibawah ini adalah sumber polusi yang termasuk titik sumber yang berasal dari kegiatan manusia:

  • Substansi yang membutuhkan oksigen

Polusi ini mungkin dihasilkan dari pabrik pengolahan susu, pembuatan bir, pabrik kertas, maupun dari pengolahan limbah cair kota, yang mana polutan ini mengandung material pembusuk yang menyerap oksigen dari air yang menyebabkan air kekurangan oksigen.

  • Endapan dan padatan yang tersuspensi/mengendap

Sumber polusi ini berasal dari pengolahan, kontruksi, penghancuran tanah dan proses pertambangan. Proses itu menyebabkan air menjadi keruh, mengganggu kehidupan ikan dikarenakan tempat bertelurnya tertutup oleh endapan dan cahaya sulit tembus ke perairan, sehingga makanan sulit didapat. Selain itu, suspensi endapan dapat menyebabkan gangguan pada insang ikan secara langsung. Dimana, gangguan tersebut dapat mencekik serangga air dan ikan. Endapan dan padatan suspensi dapat menyebakan air kekurangan oksigen sehingga dapat menyebabkan kematian pada makhluk hidup di air.

  • Beberapa nutrisi/bahan gizi

Nutrisi utama yang dapat menjadi polutan adalah fosfor dan nitrogen. Kedua nutrisi ini merupakan polutan umum di suatu daerah/kota yang berhubungan dengan pembuangan limbah cair kota. Sedangkan pada aliran di pertanian berhubungan dengan sampah tanaman, sampah binatang, atau pupuk penyubur. Fosfor dapat menempel pada endapan inorganik dan dapat berpindah dengan endapan melalui aliran badai, sedangkan nitrogen cenderung bergerak dengan zat organik melalui air tanah.

  • Panas

Polutan panas ini bukan berasal dari alam melainkan berasal dari pemanasan industrial yang dilepaskan ke anak sungai atau ulah manusia yang merubah vegetasi pinggir sungai yang menyebabkan meningkatnya suhu sungai akibat radiasi matahari. Pemanasan pada sungai dapat mengurangi daya larut oksigen yang menyebabkan berkurangnya oksigen dalam air. Selain itu panas dalam air dapat menyebabkan meningkatnya metabolisme organisme air yang mengakibatkan berkurangnya jumlah oksigen dalam air dikarenakan meningkatnya respirasi.

  • Sampah kota

Polutan ini sering mengandung karbon organic konsentrasi tinggi, fosfor, nitrogen, mungkin pestisida, zat kimia beracun, garam-garaman, padatan inorganik, dan bakteri atau virus pathogen. Peningkatan polutan ini disebabkan meningkatnya populasi pada suatu kota/daerah. Untuk menanggulangi problem ini adalah dengan meningkatkan pula pengolahan limbah kota.

  • Limbah pertanian

Limbah ini merupakan aliran yang berhubungan dengan proses pertanian. Bentuk dari limbah ini bermacam-macam yaitu dalam nutrient (nitrogen dan fosfor), karbon organik yang merupakan biodegradasi, residu pestisida, dan bakteri fecal coliform. Selain itu limbah ini juga berasal dari peternakan dan efek yang dirasakan kebanyakan hanya sekitar area peternakan dan pertanian saja. Pencemaran air permukaan dan air tanah dari sector pertanian umumnya berasal dari penggunaan pupuk dan pestisida dalam area yang luas. Sehingga kebanyakan pencemarannya tergantung dari penggunaan pupuk dan pestisida saja.

  • Limbah dari senyawa minyak

Pemcemaran air yang disebabkan oleh sector ini adalah berasal dari kegiatan perminyakan misalnya bocornya tambang minyak yang mencemari air tanah atau bocornya kapal tanker yang dapat mencemari perairan lautan. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas dari air tersebut dan ekosistem yang tercemari tersebut. Misalnya kebocoran tanker yang melepaskan minyak yang begitu besar di lautan yang dapat menggangu ekosistem laut. Dimana burung, ikan, karang, dan lain-lain dapat tercemari oleh minyak tersebut yang menyebabkan kematian yang begitu besar dari mereka yang mengakibatkan kerusakan ekosistem yang parah.

  • Asam dan basa

Kegiatan industry dan pertambangan merupakan sector penyumbang terbesar dalam hal ini. Asam tambang yang dibuang langsung dari pertambangan tanpa pengolahan terlebih dahulu dapat mencemari air permukaan secara langsung sejak pertambangan dimulai. Selain itu kandungan sulfur pada air pembuangan tambang mengandung komponen yang cukup berbahaya yaitu asam sulfur dioksida yang dapat mencemari sumber air di lingkungan sekitar tambang.

  • Bahan organic sintesis dan pestisida

Polutan ini berasal dari kegiatan industry/ pertanian dan pembuangan kota. Efek yang ditimbulkan dari polutan ini adalah dapat merusak suatu ekosistem perairan dan dapat membuat air tidak dapat digunakan oleh manusia baik untuk minum atau untuk kebutuhan sehari-hari.

Sumber: http://id.shvoong.com/
Related

ISTIGHOSAH DAN DZIKIR BERSAMA SMK PGRI 1 KEDIRI

ISTIGHOSAH DAN DZIKIR BERSAMA SMK PGRI 1 KEDIRIMenjelang pelaksanaan Ujian Nasional atau UN, seluruh siswa kelas XII smk pgr1 1 kediri menggelar istighosah dan Zikir bersama pada jum’at 11 april 2014. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula smk pgri 1 kediri, hal ini di tujukan untuk meminta kemudahaan dan kepercayaan diri dalam menghadapi ujian nasional. Acara tersbut di awali dengan sambutan pembuka oleh

Perpustakaan, Oh Perpustakaan

Perpustakaan, Oh PerpustakaanMINAT baca selama ini menjadi salah satu masalah besar bagi bangsa Indonesia. Betapa tidak, saat ini minat baca masyarakat Indonesia termasuk yang terendah di Asia. Indonesia hanya unggul di atas Kamboja dan Laos. Padahal semakin rendah kebiasaan membaca, penyakit kebodohan dan kemiskinan akan berpotensi mengancam kemajuan dan eksistensi bangsa ini. Parahnya lagi, rendahnya minat baca

Gedung Baru

Gedung BaruDengan makin bertambahnya jumlah siswa yang ada di SMK PGRI 1 Kota Kediri, pihak sekolah dan komite mengadakan pembangunan gedung baru. Pembangunan gedung baru ini rencananya dua lantai. Pembangunan gedung baru yang dilaksanakan mulai bulan juli ini sudah mengalami banyak perkembangan. untuk lantai satu pembangunan dinding sudah selesai, saat  ini para pekerja bangunan fokus pada
SKAPSA LDK di BRIGIF 16 / WIRA YUDHA 10 Tips untuk Membakar Semangat Belajar 100 Fakta Unik dan Menarik Tentang Jepang Petualangan Ke Batu Bengkak